apa itu souvenir

Apa Itu Souvenir Hadiah? Pengertian, dan Manfaatnya

Kita sudah sering mendengar istilah “Souvenir” terutama dalam acara atau event tertentu. Pasti hal inilah yang banyak dicari. Namun, sebenarnya kamu sudah tahu belum pengertian lengkap dari souvenir hadiah serta apa pula tujuannya?

Hampir setiap momen istimewa akan melibatkan souvenir sebagai salah satu bagian pelengkap. Misalnya pernikahan, ultah, bahkan souvenir khusus untuk perusahaan juga rupanya ada.

Supaya kalian semakin paham definisi dari souvenir, kami akan jelaskan secara lebih lengkap definisi dari kata yang satu ini. Yuk, kita simak penjelasannya di bawah.

Apa Itu Souvenir Hadiah?

Souvenir hadiah adalah barang tertentu yang berguna untuk mengenang suatu kejadian, acara, atau peristiwa yang terjadi. Tidak banyak yang tahu, istilah souvenir muncul dari serapan bahasa prancis yang memiliki arti “Mengenang.”

Tidak ada suatu keharusan untuk memberikan souvenir, namun ibarat makanan tanpa garam suatu event yang berkesan tentu akan lebih lengkap jika ada souvenir untuk dibagikan kepada orang-orang yang hadir di acara tersebut.

Banyak yang salah mengartikan bahwa souvenir unik yang berkesan haruslah mahal, faktanya souvenir murah sekalipun bisa mempunyai nilai yang sama. Orang yang menerima souvenir semestinya tidak melihat dari seberapa mahal harga souvenir tersebut, tapi lebih kepada fungsinya sebagai kenang-kenangan.

Souvenir bisa didapatkan secara gratis di beberapa acara tertentu, atau dibeli sendiri misalnya saat kalian berlibur maka ada keinginan untuk berburu souvenir untuk orang di rumah.

Perbedaan Souvenir dan Merchandise, Masih Banyak yang Keliru!

Souvenir dan merchandise adalah kedua hal yang berbeda. Namun karena banyaknya kesamaan, tidak sedikit yang salah dalam memahami kedua istilah ini. Kira-kira yang benar itu souvenir pernikahan atau merchandise pernikahan?

Souvenir Bantal Leher Pernikahan

Kita akan segera mengetahui jawabannya, simak rangkuman berikut:

1. Perbedaan dari Fungsi

Souvenir hadiah mempunyai fungsi yang lebih personal dibandingkan merchandise. Terutama untuk souvenir yang dibeli pada suatu tempat yang jarang kita kunjungi, misalnya luar negeri. Ada keterikatan yang kuat untuk membeli produk tersebut sesuai dengan keinginan kita.

Jika diperoleh secara gratis, maka souvenir berfungsi untuk menghormati tamu undangan agar mereka bisa terus mengingat momen berharga yang terjadi di event atau acara tersebut.

2. Perwujudan Barangnya

Merchandise umumnya lebih sering untuk meningkatkan citra dan image dari perusahaan.  Berbeda dengan souvenir yang lebih fleksibel, terkadang tidak harus berkaitan dengan urusan promosi, ada juga yang di beli untuk kesenangan atau di bagikan secara free untuk membuat kenangan.

3. Uang yang Dikeluarkan

Souvenir jika di dapatkan secara gratis dari event biasanya di buat semurah mungkin karena fokus pada jumlah agar semua orang kebagian. Berbeda dengan merchandise yang lebih eksklusif. Tidak sedikit orang yang siap membayar mahal untuk mendapatkan merchandise langka.

Manfaat Souvenir Hadiah dari Berbagai Sisi

Bagi orang yang belum paham, mungkin menganggap souvenir adalah buang-buang duit. Namun, hal ini tidak bisa di benarkan. Karena, nilai dari souvenir bisa lebih berharga di bandingkan uang itu sendiri. Berikut ini beberapa manfaat dari sebuah souvenir.

1. Membuat Kita Bisa Mengenang Hal Bermakna

Jika souvenir tersebut di beli dari tempat yang jauh, tentu ketika melihat atau menggunakan barang tersebut maka ingatan kita akan merekam momen-momen berharga yang pernah Anda lakukan di tempat tersebut. Hal semacam ini tidak bisa tergantikan dengan uang.

Bahkan kalaupun souvenir tersebut adalah pemberian waktu event ulang tahun atau pernikahan, maka momen yang di berikan tetaplah sama. Murah atau mahal, souvenir mempunyai nilai yang berharga bagi pemberi maupun penerimanya.

2. Membuat Acara Lebih Meriah

Melihat dari sudut pandang orang yang sedang berlibur, souvenir mempunyai peran penting untuk menyempurnakan liburan Anda. Tidak hanya menghabiskan waktu bersenang-senang sendirian.

souvenir ulang tahun murah

Baca juga: Souvenir Ulang Tahun Murah, Ini Manfaat dan Produknya

Namun, dengan memberikan souvenir kepada orang-orang di rumah maka ini akan membuat sensasi liburan lebih lengkap. Jika souvenir gratisan, maka ini juga bisa membuat acara semakin meriah. Banyak orang yang akan hadir ke acara tersebut untuk mendapatkan souvenir tersebut.

3. Meningkatkan Interaksi dengan Banyak Orang

Jika souvenir tersebut di berikan secara sukarela, maka orang yang menerimanya pasti akan berterima kasih dan bahagia atas pemberian souvenir tersebut. Tidak hanya itu, dalam sudut pandang bisnis pemberian souvenir kepada customer bisa membuat mereka lebih loyal dan merasa di hargai. Ini akan meningkatkan interaksi perusahaan dengan customer.

Pusat Souvenir Hadiah Murah Aneka Produk Bantal

Setelah membaca penjelasan di atas apakah Anda ingin mendapatkan souvenir murah dengan kualitas bagus? Bank Souvenir hadir menawarkan aneka produk bantal dan boneka. Berikut ini list lengkap produk kami:

  • Bantal leher
  • Bantal sofa
  • Bantal tulang
  • Bantal love
  • Boneka custom

Dapatkan penawaran harga termurah dengan melakukan pembelian produk di pabrik souvenir bantal leher. Semoga informasi ini bisa menginspirasi dan memberikan manfaat bagi banyak orang. Silahkan hubungi Bank Souvenir untuk melakukan pemesanan souvenir di atas.